Seiring penggunaan mobil sehari-hari, tentu kualitas cat mobil yang awalnya mengkilap akan lambat laun mengalami penurunan yang di sebabkan oleh banyak faktor. Nah faktor-faktor inilah yang menentukan kapan mobil anda harus di bawah ke salon mobil atau mungkin butuh perawatan extra yang lebih dari sekedar mencuci mobil.

Banyak diantara customer atau pun calon customer autokilap yang mengajukan pertanyaan ini. Mari kita bahas dulu beberapa kondisi mobil yang butuh perawatan salon mobil, atau hal-hal yang anda lakukan yang dapat mengakibatkan kondisi exterior atau interior mobil anda menjadi kusam.

Kondisi Mobil Baru

Apakah mobil baru memerlukan perawatan juga? sudah tentu.. mobil baru adalah dimana kondisi cat dan lapisan pernis masih dalam kondisi prima. Perawatan untuk mobil baru ditujukan lebih untuk perlindungan agar kilau mobil anda dapat di pertahankan lebih lama. Salah satu perlindungan mobil baru yang paling umum adalah coating nano ceramic. Dengan formula khusus untuk perlindungan metode coating pada mobil akan melindungi kilap mobil baru anda jauh lebih lama dari berbagai macam kontaminasi dibanding dengan mobil yang tidak di berikan coating.

Mobil dengan kondisi cat kusam akibat baret halus, swirl (sarang laba-laba), jamur air yang parah dll.

Apabila exterior mobil kesayangan anda memiliki kondisi tsb, maka ini adalah saat yang paling tepat untuk membawanya ke bengkel salon mobil untuk perbaikan paint correction. Berikut dibawah ini adalah gambar-gambar contoh kondisi mobil tersebut.

Swirls (sarang laba-laba) atau baret halus pada permukaan cat mobil.

Swirls dapat dengan mudah anda lihat dengan menggunakan bantuan cahaya, baik itu cahaya lampu pijar, cahaya lampu senter atau dengan bantuan pantulan matahari di siang hari, swirls akan terlihat melingkari cahaya tersebut dan membentuk seperti sarang laba-laba.

Swirls terbentuk lambat laun akibat berbagai macam kontaminasi seperti gesekan daun, pakaian, proses pencucian yang salah, auto car wash (cuci mobil otomatis). Apabila swirls yang terbentuk sudah terlampau banyak, maka akan menghalangi kilau mobil anda dan mobil terlihat kusam.

Gambar dibawah ini menunjukan kondisi mobil yang penuh dengan swirls dan bagian yang sudah di poles, Terlihat jelas bukan? bahwa cat terlihat lebih baik tanpa swirls.

Perawatan mobil dengan tehknik di poles dengan mesin dapat menghilangkan swirls atau bahkan mungkin baret yang sudah cukup dalam. dengan catatan belum melewati lapisan coating. Baret yang sudah terlalu dalam tidak dapat di perbaiki dengan cara di poles, mobil harus di bawa ke bengkel cat.

Cara gampangnya adalah dengan meraba, baret pada cat mobil yang sudah terasa di tangan itu sudah tidak dapat di perbaiki dengan metode poles.

Jamur mobil atau waterspot

Jamur umum disebabkan deposit air yang dan mengering dalam waktu yang relatif lama. Pada kondisi jamur yang baru terbentuk biasanya akan hilang cukup dengan cara mobil di cuci. Dan sebaliknya.. cukup mudah mendeteksi jamur yang membandel.. apabila jamur tidak hilang di cuci maka sudah saatnya mobil anda di berikan extra treatement untuk dapat menghilangkan jamur tersebut.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jamur tersebut, anda bisa menggunakan obat penghilan jamur mobil, namun hati-hati apabila anda membeli obat penghilang jamur, dikarenak banyak obat pengilang jamur di pasaran itu adalah zat kimia yang mengandung asam, memang sih.. dapat menghilangkan jamur namun salah-salah penggunaan cat mobil anda akan jadi rusak permanen! dan asam sangatlah berbahaya apabila terkena kulit anda. Jadi pastikan anda membeli produk penghilang jamur yang terpercaya.

Kontaminasi dari serangga dan kotoran burung.

Kotoran burung juga merupakan hal yang paling sering kita temukan, Kotoran burung yang di diamkan terlalu lama dapat membuat kerusakan permanen pada cat mobil anda yang tidak akan bisa hilang walau dengan cara di poles sekalipun, sehingga membutuhkan cat ulang untuk memperbaikinya.

Pada gambar diatas adalah kondisi dimana cat masih dapat diperbaiki dengan cara di poles, namun pada gambar dibawah adalah akibat dari kotoran burung yang sudah terlalu lama dan sudah meresap sehingga membuat cat mobil anda menjadi retak/rusak dan tidak dapat diperbaikin dengan poles.

Oksidasi

Oksidasi umum di sebabkan oleh reaksi kimia yang terjadi secara natural dari alam, gabungan dari paparan sinar matahari yang terus menerus, oxigen dan kadar garam pada udara. Gambar mobil dengan oksidasi yang parah dapat anda lihat di gambar atas.

Ciri utama dari mobil yang mengalami oksidasi adalah cat yang memudah seperti jamur yang melebar, pada mobil putih sering kita lihat warna mulai kekuningan. Pada kondisi seperti ini anda harus melakukan treatment poles pada cat mobil anda.


Nah menjawab kapan saatnya mobil saya di poles adalah disaat mobil anda mengalami hal-hal tersebut diatas.. sedangkan untuk perawatan di lakukan sebelum mobil anda mengalami hal-hal tersebut diatas. Jadi mulai dari mobil turun dari showroom pun perawatan sudah dapat dimulai.

Untuk jangka waktu perawatan mobil itu sendiri apabila mobil dipakai untuk sehari-hari dapat di lakukan setiap 3-6 bulan sekali. Sedangkan mobil yang jarang dipakai bisa dilakukan 6-12 bulan sekali. Semua tergantung bagaimana mobil tersebut mendapat perlakuan. baik dari cara penggunaan, cara penyimpanan, ataupun perbaikan.

Jangan terlalu sering membawa mobil anda ke salon mobil untuk di poles. Logikanya proses poles adalah mengurangi bukan menambah. Mobil yang terlalu sering di poles tentu lama kelamaan akan makin terkikis lapisan luarnya dan pada akhirnya pernis akan habis.

Cara terbaik adalah melakukan perawatan rutin terhadap mobil anda tanpa di poles, bisa dengan cara di cuci dengan cara yang baik dan benar pada saat kotor, disimpan di dalam garasi dll. Atau anda bisa berkonsultasi dengan salon mobil kesayangan anda mengenai perawatan mobil yang sesuai tanpa harus di poles untuk menjaga performa kilau cat anda selama mungkin.