Noda yang diakibatkan oleh cipratan semen pada cat mobil adalah salah satu masalah yang umum di temukan, khususnya pada kota-kota besar seperti di Jakarta, dimana sering banyak pembungan atau perbaikan jalan. Yang jadi permasalahan adalah noda semen pada mobil adalah bukan perkara mudah untuk di bersihkan, terutama bila semen sudah mengeras dan menempel teralu lama pada mobil anda.

Yang perlu di ketahui tentang noda semen pada mobil adalah, semakin lama anda biarkan maka akan semakin sulit untuk di bersihkan, dan semen sangatlah merusak komposisi pada struktur cat mobil anda.

Namun bukan berarti semen tidak dapat di bershikan, walau pun sulit semen dapat di bersihkan dengan cukup ketelitian dan kesabaran. Berikut adalah tips bagaimana anda membersihkan semen pada body mobil anda di rumah anda sendiri :

Pertama yang anda perlukan adalah cuka putih / cuka dapur yang kemudian anda campurkan dengan air. Kemudian masukan cuka yang di campur dengan ke botol spray. Berapa komposisi perbandingan yang diperlukan? ini tergantung dengan berapa tebal / banyak noda semen pada body mobil anda.

Gunakan perbandingan 1:10 terlebih dahulu untuk di awal, kemudian semprotkan secara merata cairan tsb ke pernukaan cat mobil yang terkena noda, diamkan kurang lebih 1 atau 2 menit kemudian tekan dengan kain microfiber/kain bersih dan gosok dengan sangat amat perlahan. JANGAN MENGGOSOK DENGAN KASAR, karena malah akan membuat cat mobil anda baret. Tekan-tekan dengan perlahan seperti wanita memberikan make up bedak pada wajahnya, kemudian lihat apakah semen mulai luntur dan menempel pada kain bersih anda? ulangi langkah tersebut diatas sampai semen benar-benar bersih.

Setelah semen terlihat bersih, keringkan dan raba dengan tangan, apakah masih terasa kasar? apabila sudah bersih tapi masih berasa kasar anda bisa menggunakan compound poles mobil secara manual perlahan-lahan untuk  anda sampai permukaan terasa halus. Untuk hasil yang lebih baik gunakan wax kesayangan anda untuk finishing.

Catatan:

Apabila semen terasa sulit dibersihkan, anda bisa menambah cuka pada campuran komposisi air agar lebih kuat, langkah ini tidak bisa disamakan. Butuh kesabaran untuk melakukan ini, karena beberapa faktor, diantaranya adalah :

  1. Sudah berapa lama semen mengering? makin lama maka akan makin sulit dibersihkan.
  2. Berapa banyak/ tebal noda pada semen.
  3. komposisi cuka & air yang benar.
  4. Waktu mendiamkan setelah anda semprotkan cairan cuka, apabila 1 menit kurang, coba diamkan 5 menit dst.

** admin autokilap tidak menjamin atau tidak bertanggung jawab terhadap hasil yang anda dapatkan dengan mengikuti tips ini. Apabila anda tidak yakin silahkan gunakan cairan khusus pembersih noda semen pada toko chemical kesayangan anda.